Wednesday 16 July 2014

ABRAM MENJADI ABRAHAM


ABRAM MENJADI ABRAHAM

Posted: 15 Jul 2014 04:00 PM PDT

Kejadian 17:5 Karena itu namamu bukan lagi Abram, melainkan Abraham, karena engkau telah Kutetapkan menjadi bapa sejumlah besar bangsa.

Hal pertama yang TUHAN lakukan terhadap Abraham dan Sara sebelum mereka memiliki banyak keturunan adalah mengubah nama mereka. Nama kedua orang ini sebelumnya Abram dan Sarai. Arti nama Abram adalah bapak yang ditinggikan/mulia dan TUHAN mengubahnya menjadi Abraham, yang artinya bapak banyak bangsa. Begitu juga Sarai. Arti nama Sarai adalah tuan putri dan TUHAN mengubahnya menjadi Sara (dibaca: Sarah), yang artinya wanita bangsawan/terhormat. TUHAN menambahkan huruf H (hey – dalam bahasa Ibrani) ke dalam nama mereka. Huruf H merupakan nama singkat dari Yahweh.

Alasan TUHAN mengubah nama mereka adalah supaya ketika setiap kali mereka saling memanggil satu sama lain, mereka selalu mengingat bahwa TUHAN telah memberikan janji yang luar biasa kepada mereka. Janji untuk memiliki keturunan dan menjadi bapak bangsa-bangsa. Perubahan nama ini semata supaya Abraham dan Sarah semakin hari semakin percaya kepada janji TUHAN. Bukankah itu yang Firman Tuhan katakan di dalam Roma 10:17, "Jadi, iman timbul dari pendengaran, dan pendengaran oleh firman Kristus"? Teman, semakin sering Anda mengucapkan janji TUHAN, semakin Anda akan mengingat dan percaya kepada janji tersebut. Karena hanya pada saat kita percaya, kita akan melihat janji tersebut terjadi di dalam hidup kita. Haleluya! (penulis: @mistermuryadi)

BERTOBAT ARTINYA MENGUBAH CARA PIKIR

Posted: 14 Jul 2014 04:00 PM PDT

2 Petrus 3:9 Tuhan tidak lalai menepati janji-Nya, sekalipun ada orang yang menganggapnya sebagai kelalaian, tetapi Ia sabar terhadap kamu, karena Ia menghendaki supaya jangan ada yang binasa, melainkan supaya semua orang berbalik dan bertobat.

Banyak orang salah mengerti tentang pertobatan. Ketika kita bertobat bukan berarti kita tiba-tiba menjadi orang yang sempurna, melainkan kita mengubah haluan dan cara kita berpikir. Kata bertobat diambil dari bahasa Yunani "Metanoia", yang artinya mengubah cara pikir. Atau dengan kata lain, seseorang akan mengalami perubahan di dalam hidupnya, menjadi lebih baik, di saat pikirkannya diubahkan oleh kebenaran Firman Tuhan.

Saya punya seri kotbah METANOIA yang bisa Anda unduh gratis di FREE SERMON. Kotbah ini berisi hal-hal yang akan mengubah cara berpikir Anda tentang TUHAN.

Tahukah Anda bahwa perbuatan kita sangat dipengaruhi oleh cara berpikir kita? Jika cara berpikir dan apa yang Anda pikirkan salah, Anda pasti akan melakukan hal yang salah. "Tapi saya melakukan apa yang tidak saya pikirkan?" Teman, faktanya adalah Anda tidak akan dapat melakukan sesuatu yang tidak Anda pikirkan. Misalnya dosa berzinah. Anda tidak akan lakukan perzinahan kalau Anda tidak memikirkannya. Jauh sebelum seseorang melakukan sesuatu, dia terlebih dahulu memikirkannya. Jadi, untuk mengubah apa yang kita lakukan, sederhananya, ubah apa yang kita pikirkan. Jika kita mengisi pikiran kita dengan kebenaran Firman Tuhan, hidup Anda akan diubahkan secara luar biasa.

Saya berikan contoh. Anda tahu alasan mengapa banyak orang menjauhi TUHAN ketika jatuh ke dalam dosa? Ada beberapa alasan, di antaranya: mereka berpikir TUHAN akan marah kepada mereka, mereka berpikir diri mereka kotor dan tidak layak, atau karena mereka merasa bersalah. Padahal Firman Tuhan katakan dalam Roma 5:9 bahwa kita pasti diselamatkan dari murka TUHAN, lalu Ibrani 13:12 katakan hidup kita dikuduskan oleh darah YESUS, bukan karena kita tidak berbuat dosa. Lihat, jika Anda memiliki pemikiran yang salah, hal tersebut akan mengakibatkan tindakan yang salah. Kalau Anda tahu kebenaran yang baru saja saya sebutkan di atas, maka setiap kali Anda terjatuh ke dalam dosa, respons Anda bukan menjauhi TUHAN, melainkan Anda akan mendekat kepadaNYA, karena Anda menyadari bahwa DIA mengasihi Anda dan ingin memulihkan Anda.

Hari ini saya hanya ingin meluruskan salah kaprah mengenai pertobatan. Pertobatan lebih dari sekadar menangis dan mengakui dosa kita di hadapan TUHAN, pertobatan menuntun seseorang untuk berbalik dari cara pikirnya yang lama ke yang baru. Setiap orang hanya perlu Lahir Baru (percaya dan mengakui YESUS sebagai Tuhan dan Juruselamat) satu kali seumur hidup, namun kita perlu melakukan pertobatan (mengubah cara pikir) setiap hari. Itu sebabnya kehidupan orang percaya tidak bisa jauh dari Firman Tuhan. Firman Tuhanlah yang mengubahkan pikiran kita yang lama untuk semakin percaya kepada Kristus dan semakin tidak serupa dengan dunia ini (Rom 12:2). (penulis: @mistermuryadi)

KABAR BAIK MENGENAI SORGA

Posted: 13 Jul 2014 04:00 PM PDT

Yohanes 14:2-3 Di rumah Bapa-Ku banyak tempat tinggal. Jika tidak demikian, tentu Aku mengatakannya kepadamu. Sebab Aku pergi ke situ untuk menyediakan tempat bagimu. Dan apabila Aku telah pergi ke situ dan telah menyediakan tempat bagimu, Aku akan datang kembali dan membawa kamu ke tempat-Ku, supaya di tempat di mana Aku berada, kamupun berada.

Berita mana yang lebih Anda sukai, mengenai neraka yang panas atau Sorga yang indah? Ada dua cara yang populer di dunia penginjilan dalam konteks membuat orang bertobat. Cara pertama adalah menceritakan tentang neraka dan cara kedua adalah menceritakan tentang Sorga. Meskipun kedua cara ini sudah terbukti dapat membuat banyak orang bertobat dan percaya kepada YESUS, namun masing-masing petobat bertobat dengan motivasi yang berbeda. Yang mendengar berita mengenai neraka bertobat karena ketakutan, yang mendengar berita mengenai Sorga bertobat karena mengerti betapa TUHAN mengasihi dirinya. Anda lihat perbedaannya? Kabar tentang neraka tentu saja bukan kabar baik. Terhadap murid-muridNYA, YESUS tidak menceritakan mengenai betapa mengerikannya neraka, supaya membuat mereka mengikuti diriNYA. Sebaliknya, YESUS menceritakan mengenai Sorga yang indah. Ya, berita mengenai Sorga adalah kabar baik yang perlu kita ceritakan kepada banyak orang. (penulis: @mistermuryadi)

BANYAK ORANG YANG AKAN MASUK SORGA

Posted: 12 Jul 2014 04:00 PM PDT

Wahyu 7:9-10 Kemudian dari pada itu aku melihat: sesungguhnya, suatu kumpulan besar orang banyak yang tidak dapat terhitung banyaknya, dari segala bangsa dan suku dan kaum dan bahasa, berdiri di hadapan takhta dan di hadapan Anak Domba, memakai jubah putih dan memegang daun-daun palem di tangan mereka. Dan dengan suara nyaring mereka berseru: "Keselamatan bagi Allah kami yang duduk di atas takhta dan bagi Anak Domba!"

Saya tidak tahu bagaimana dengan Anda, dulu saya sering mendengar beberapa hamba TUHAN mengatakan bahwa hanya sedikit orang yang akan masuk Sorga. Lebih sedikit dibandingkan mereka yang akan masuk neraka. Berita tersebut yang menyebabkan saya beberapa kali patah semangat ketika menceritakan INJIL kepada orang-orang terdekat saya. Saya berpikir, "Ah, biarkan saja dia menolak Injil, salah sendiri, lagipula Firman Tuhan sudah katakan memang sedikit yang masuk Sorga." Di lain kesempatan saya berpikir, "Mungkin memang belum rencana TUHAN untuk menyelamatkan hidupnya." Intinya, saya menyerah dan perlahan berhenti menceritakan Injil kepada orang tersebut. Hal ini disebabkan saya salah mendengar kebenaran. Sampai akhirnya Tuhan menuntun saya kepada ayat di atas.

Saya sedikit terkejut ketika membaca ayat di atas. Ayat ini mengatakan bahwa suatu kumpulan besar orang banyak yang tidak dapat terhitung jumlahnya berada di Sorga kekal. Haleluya! Ini janji untuk Anda dan keluarga Anda dan janji untuk orang-orang yang ada di dekat Anda, bahwa mereka pasti diselamatkan. Teman, Firman Tuhan di 2 Pet 3:9 mengatakan bahwa DIA menghendaki tidak ada binasa. Adalah kehendak TUHAN untuk menyelamatkan semua orang. Bagian Anda dan saya adalah percaya kepada janji tersebut, bahwa kita dan seisi rumah kita akan diselamatkan (Kis 16:31).

Kini saya memandang jiwa-jiwa yang terhilang dengan cara yang sama sekali berbeda. Setiap kali saya menceritakan Injil saya memiliki suatu keyakinan yang sangat kuat bahwa mereka akan ada bersama-sama dengan saya di Sorga kelak. Saya menjadi yakin bahwa Firman Tuhan tidak akan kembali dengan sia-sia. Itu yang membuat saya tidak menyerah sekalipun mengalami penolakan berkali-kali dan membuat saya dapat terus menceritakan Injil dengan kasih. Saya menyadari TUHAN telah memberikan saya sebuah janji yang dahsyat, di mana ada sekumpulan orang dalam jumlah sangat besar yang tidak terhitung jumlahnya berada di Sorga, dan janji itu YA dan AMIN. Bagaimana dengan Anda? Apakah Anda sudah menyerah terhadap beberapa orang yang Anda ceritakan Injil? Pegang janji di atas dan mulailah ceritakan lagi tentang YESUS kepada mereka dengan pengharapan yang baru. (penulis: @mistermuryadi)

TEMPAT PERHENTIAN TUHAN

Posted: 11 Jul 2014 04:00 PM PDT

Ibrani 3:17-19 Dan siapakah yang Ia murkai empat puluh tahun lamanya? Bukankah mereka yang berbuat dosa dan yang mayatnya bergelimpangan di padang gurun? Dan siapakah yang telah Ia sumpahi, bahwa mereka takkan masuk ke tempat perhentian-Nya? Bukankah mereka yang tidak taat? Demikianlah kita lihat, bahwa mereka tidak dapat masuk oleh karena ketidakpercayaan mereka.

Perhatikan, penyebab Bangsa Israel tidak masuk ke dalam tanah yang TUHAN janjikan, atau ayat di atas menyebutnya sebagai Tempat PerhentianNYA, karena ketidakpercayaan mereka. Perlu saya perjelas, Bangsa Israel tidak menikmati janji TUHAN, bukan karena dosa, ketidaktaatan, atau pun karena TUHAN belum memberikannya. Sangat jelas dikatakan karena mereka tidak percaya.

Kata "Tempat perhentianNYA" ini diterjemahkan dalam bahasa Inggris sebagai HIS REST. TUHAN menyediakan kepada kita sebuah "tempat" di mana kita tidak perlu lagi takut, gelisah, atau pun kuatir akan apa pun. Puji Tuhannya, tempat tersebut bukan di Sorga kelak, melainkan ketika kita hidup di dunia ini. Di Sorga Anda tidak membutuhkan lagi keamanan, kesehatan, atau pun kesejahteraan. Anda membutuhkannya sekarang. Untuk menikmatinya, Anda perlu percaya. Ya, hanya dengan percaya, Anda akan menerimanya.

Dulu Bangsa Israel mengenal Tempat Perhentian tersebut dengan nama Tanah Kanaan, namun sekarang kita mengenal "Tempat" tersebut dengan nama YESUS. Ya, di dalam YESUS-lah kita dapat "beristirahat", meletakkan segala pengharapan, masa depan, dan ketakutan kita.

Banyak orang mengira "REST" itu artinya santai dan tidak perlu melakukan apa pun lagi. Sungguh pemahaman yang keliru. "Rest" itu bukan tentang apa yang ada di luar, melainkan tentang apa yang terjadi di dalam diri Anda. Sederhananya, "Rest" berarti mempercayai janji-janji TUHAN yang telah DIA berikan melalui YESUS. Lakukan yang perlu Anda lakukan di dalam kegiatan Anda sehari-hari, namun pada saat Anda melakukan semua itu, pastikan hati Anda "REST" di dalam TUHAN. (penulis: @mistermuryadi)

Share this Post :

0 comments:

Post a Comment

“AKULAH KEBANGKITAN DAN HIDUP” 1 Korintus 6:12 1 Korintus 8:3 2014 ABRAHAM ABRAHAM: Membangun Mezbah Abram absalom Agama Tidak Menyelamatkan Agnes Monica AGU ROHANI KRISTEN AJARKU BERDIAM Alkitab Allah allah anak allah bapa Allah Peduli Allah Taala Allah Yang Setia Amsal 11:27 Anak Domba ANAK SEKOLAH MINGGU Anniversary Are We Prepared asmirandah Asmirandah Zantman Atas Dosa Awesome God ayub bagi tuhan bangsa isreal Bapa Selidiki Hatiku Baptisan Batasan Belajar berbuat baik Berdoa Berdoalah ‪BERHASIL‬ BERHENTI MEMBATASI IMAN ANDA berita baik Berita Injil Berkabung Berkat dan Undian Berlari Padamu berserta lirik lagu berusahalah mendapatkannya Betapa Hatiku Boy Sopranos carilah perdamaian Christmas Song Cinta-Ku Cintamu Damai BersamaMu Dampak Kekosongan dan yang terpenting DARI TERBIT MATAHARI Darlene Zschech daud Di Setiap Nafasku dikasihi yesus doa harian kristian Doa Mengubah Segala Sesuatu doaku doktrin Domba Domba Allah dosa Dosa Percabulan Dosa Serakah efesus 6:1-3 embun faith firman Firman‬ Tuhan gerija tuhan Get Our Hands Dirty GMB GNF good friday GoodNews Fellowship GoodNews Fellowship Matang goodnews green height GoodNews2us Green Height Grezia hakim segala bangsa hamba rokok Hanya Yesus Juruselamat Harapan Bangsa Harapan Bangsa Lyric Hargai harta Hidup How great is our GOD Hubungan hubungan keluarga ia dikenal oleh Allah Iman iman petrus agung Indah oh Indah Injil Iraq Isa Almasih Jaclyn Victor Jadikan Aku Indah jalan yang lurus janda JANGAN BERKOMPROMI Jangan Pernah Bersedih Jangan sombong jason jauhilah yang jahat Jeffry Tjandra Jesus JIKALAU BUKAN TUHAN SIA-SIALAH USAHA KITA Jodoh Impian John 3:16 jujur jumaat agung Kagumi KARENA TAK PERCAYA Kasih Allah Kasih SetiaM Kasih Tuhan Kasih Yesus Kasihilah sesama manusia Kasihilah Tuhan Allahmu Kau Saja Kaulah Harapan kayu salib kebenaran Kegagalan kehidupan keilahian Yesus Kejadian 2:18 Keluaran 14: 16 KEMARAHAN Kemenangan KESAKSIAN Keselamatan KETIKA DOSA DIBERESKAN Khotbah Khotbah Pastor Kingdom of God Kisah Dua Lelaki kisah lucu kristian Kisah Penjual Minuman Kisah Teladan Kisah Tiga Pokok ‎Kitab‬ Suci Krismas kristen kristian Kristus kuasa doa kumenyembah kutetap setia Kutukan Setan Lagu Hari Natal lagu rohani Lagu Rohani Kristen Lagu Rohani Terbaru Lagu Rohani Terbaru 2014 - PertolonganMu - Citra lagu Yesus Lahir LAPAR DAN HAUS AKAN TUHAN LAZARUS Lebih Dalam Lirik Lagu Rohani Kristen LYDIA KANDOU Marah Menimbulkan Celaka Markus 16 masalah berat matius Matius 22:37-40 mazmur 1:1 - 1:3 mazmur 23 Mazmur 34:15 Membangun Mezbah MENANGGAPI MUSIBAH Mengejar Hadirmu - GMB Mengembangkan Talenta MENGENAL YESUS Menggigil Kedinginan Menjadi Bijak Menjadi‬ orang ‎menurut‬ prinsip ‪Tuhan‬ Merawat Hubungan Mike Mohede Miliki miskin mujizat tuhan mujizat tuhan kasih tuhan Mujuzat Itu Nyata Nabi Musa NAFSU Nama Yesus Natal Nikita oleh Isa Almasih orang yang diberkati orang yang mengasihi Allah Oxygen True Worshippers Youth Palestin dan Israel Pastor Jeffrey Rahmat Pastor Luke Pdt. Gilbert Lumoindong Pencuri Kue Penganiayaan Kristian perintah Perkahwinan perkara doa Perkongsian Perkongsian Kebaktian Pertolongan petrus agung pilihan yang salah Puji Puji dan Sembah Putus Hubungan roh kudus Roma 15:13 Roma 5:1-5 SAAT ANDA MERAGUKAN KASIHNYA SAATNYA PEREMPUAN BERPERAN salah fokus Sampai Sesuatu Terjadi Santa Claus Sarah Sarai Sari Simorangkir Sdri Maria Selamat hari Krismas Selamat hari natal Sembah semua bangsa Semua Orang Pasti Menangis sentuh hatiku September 25 2015 September 7 SERI UTUSAN TUHAN Seru Nama Yesus sidney mohede Sikap Rendah Hati Single Forever Stefano Sanjaya stop worrying Sudah Selesai Sukacita Surga syukur Taurat Musa Telinga Ibu Tepat pada Waktu terima kasih kepada Yesus Penyelamat saya Terlalu Besar Teruskan Berdoa The Power of Your Love Tiba Saatnya Tinggal Dalam Firman Titus 2:7 True Worshippers True Worshippers Youth tuhan Tuhan Dengar Doaku Tuhan menjadi Manusia Tuhan Pasti Sanggup Tuhan Tidak Dapat Mencegah Manusia Untuk Berbuat Jahat Tuhan Yesus Turun dan Naik untuk orang lain UTUSAN TUHAN Vania Larissa Vanissa Larissa Wahyu YANG ADA DI ALKITAB Yang Lumpuh disembuhkan yang terutama Yeremia 17:5 Yesaya 1:18 Yesaya 27:3 Yesus Yesus JuruselamatKu YESUS KEKUATANKU YESUS KRISTUS Yesus Tuhan Yohanes