Sunday 10 August 2014

Posted by Admin GoodNews2Us | Posts under : , , , ,

Pernyataan di atas sering kali kita dengar dan tidak asing lagi di telinga kita. Pernyataan ini bisa dikatakan cukup tepat, doa adalah nafas rohani setiap orang percaya. Manusia yang tidak bernafas bisa dikatakan tidak hidup. Begitu juga dengan orang Kristen yang tidak berdoa bisa dikatakan mati secara rohani. Namun sangat disayangkan banyak orang Kristen yang tidak mengerti bagaimana caranya berdoa dan bagaimana meresponi setiap jawaban Tuhan. Tidak heran banyak yang bertanya "Mengapa doa saya tidak dijawab?" Pada kesempatan kali ini saya akan mencoba membahas seluk beluk mengenai doa.

Doa siapa yang berkuasa?

Banyak yang berkata kalau doa orang yang sedang menderita biasanya didengar Tuhan, atau doa orang yang baik biasanya didengar Tuhan. Bahkan ada juga yang beranggapan bahwa doa pendeta adalah doa yang lebih berkuasa (lebih didengar Tuhan), apakah benar demikian? Langsung saja kita cek kebenarannya melalui dua ayat ini.


Amsal 15:29, TUHAN itu jauh dari pada orang fasik, tetapi doa orang benar didengar-Nya.


Yakobus 5:16b, Doa orang yang benar, bila dengan yakin didoakan, sangat besar kuasanya.

Dari dua ayat di atas kita bisa tahu bahwa doa yang berkuasa adalah doa orang benar. Ya memang karena dosa tidak ada orang yang benar di dunia ini, tetapi karena darah Yesus Kristus, kita telah dibenarkan dan ditebus menjadi umat pilihan Allah. Jadi doa setiap orang yang percaya kepada Yesus sebagai Tuhan dan Juruselamat secara pribadi sangat besar kuasanya.

Ah yang benar doa ada kuasanya?


Kisah Para Rasul 16:25-26, Tetapi kira-kira tengah malam Paulus dan Silas berdoa dan menyanyikan puji-pujian kepada Allah dan orang-orang hukuman lain mendengarkan mereka. Akan tetapi terjadilah gempa bumi yang hebat, sehingga sendi-sendi penjara itu goyah; dan seketika itu juga terbukalah semua pintu dan terlepaslah belenggu mereka semua.

Untuk yang belum yakin akan kuasa doa, ini mungkin merupakan salah satu contoh bagaimana kuasa doa yang sangat luar biasa bisa terjadi. Paulus dan Silas berdoa dan menyanyikan puji – pujian kepada Allah pada waktu mereka ada di dalam penjara, dan apa yang terjadi? Semua belenggu yang mengikat mereka lepas dan pintu penjara terbuka. Satu contoh ini sepertinya sudah cukup untuk dapat menggambarkan bagaimana besarnya kuasa doa.

Bukannya Tuhan sudah tau apa yang mau kita doakan, kenapa harus tetap berdoa?


Matius 6:8, Jadi janganlah kamu seperti mereka, karena Bapamu mengetahui apa yang kamu perlukan, sebelum kamu minta kepada-Nya.

Walaupun Tuhan sudah tau apa yang akan kita doakan dan Tuhan sudah tau apa yang ada di dalam isi hati kita, kita harus tetap berdoa. Tuhan mau mendengar suara kita. Tuhan mau kita dekat dengan Dia. Doa juga merupakan hak istimewa yang sudah Tuhan berikan untuk setiap umat-Nya, kita dapat berbicara langsung kepada Tuhan melalui doa kita. Melalui doa, kita juga dapat lebih dekat dan mengenal Tuhan.


Lukas 22:40, Setelah tiba di tempat itu Ia berkata kepada mereka: "Berdoalah supaya kamu jangan jatuh ke dalam pencobaan."

Tuhan Yesus juga memerintahkan kita untuk berdoa agar kita tidak jatuh dalam pencobaan. Dalam setiap masalah kita, Tuhan Yesus mau kita datang kepada-Nya. Tuhan mau kita berdoa dan menyampaikan setiap masalah kita pertama – tama kepada-Nya. Dengan demikian kita bisa lebih kuat dan tidak jauh di dalam pencobaan yang kita alami.

Doa seperti apa dan yang bagaimana yang dijawab Tuhan?


Matius 21:22, Dan apa saja yang kamu minta dalam doa dengan penuh kepercayaan, kamu akan menerimanya."


Markus 11:24, Karena itu Aku berkata kepadamu: apa saja yang kamu minta dan doakan, percayalah bahwa kamu telah menerimanya, maka hal itu akan diberikan kepadamu.

Banyak orang yang memakai dua ayat ini untuk membenarkan apapun doa mereka. Mereka merasa bahwa mereka sudah berdoa dengan penuh kepercayaan dan di dalam nama Tuhan Yesus. Namun tidak sedikit yang akhirnya mengeluh karena doanya ternyata tidak dijawab oleh Tuhan? Kenapa hal ini bisa terjadi? Ini karena satu ayat ini tidak dihubungkan dengan ayat lainnya atau bisa dibilang asal comot ayat tanpa terlebih dahulu mengetahui arti yang sebenarnya. Tanpa berpanjang lebar ayo kita lihat doa yang seperti apa yang dijawab Tuhan.


Yohanes 15:7, Jikalau kamu tinggal di dalam Aku dan firman-Ku tinggal di dalam kamu, mintalah apa saja yang kamu kehendaki, dan kamu akan menerimanya.

Yang pertama adalah kita harus terlebih dahulu tinggal di dalam Tuhan Yesus dan Firman Tuhan Yesus juga tinggal di dalam kita? Apa artinya ini? Artinya adalah kita mengetahui apa kehendak Tuhan. Doa yang dijawab Tuhan adalah doa yang sesuai dengan kehendak-Nya. Bagaimana cara mengetahui kehendak Tuhan? Cara paling mudah adalah dengan membaca alkitab sehingga Firman Tuhan Yesus bisa ada di dalam kita. Selain itu berpuasa juga merupakan cara yang paling baik agar kita dapat mengetahui kehendak Tuhan. Intinya adalah mendekatkan diri pada Tuhan, semakin kita dekat Tuhan, semakin kita mengetahui isi hati Tuhan. Jika sudah demikian, pasti apa yang kita mau sama seperti yang Tuhan mau dan doa kita akhirnya dijawab karena kita berdoa sesuai kehendak-Nya.


1 Yohanes 3:22, dan apa saja yang kita minta, kita memperolehnya dari pada-Nya, karena kita menuruti segala perintah-Nya dan berbuat apa yang berkenan kepada-Nya.


1 Yohanes 3:23, Dan inilah perintah-Nya itu: supaya kita percaya akan nama Yesus Kristus, Anak-Nya, dan supaya kita saling mengasihi sesuai dengan perintah yang diberikan Kristus kepada kita.

Dari ayat di atas kita dapat tahu bahwa kita memperoleh sesuatu karena kita menuruti segala perintah-Nya dan berbuat apa yang berkenan kepada-Nya. Apa sih sebenarnya perintah-Nya itu? Perintah yang paling jelas adalah supaya kita percaya kepada nama Yesus dan saling mengasihi. Jadi, kita jangan terus menuntut, kita lakukan apa bagian kita, kita lakukan yang terbaik yang kita bisa dan melakukan segala perintah-Nya, bagian Tuhan adalah menjawab doa kita.

Kenapa doa saya tidak dijawab Tuhan?


Yakobus 4:3, Atau kamu berdoa juga, tetapi kamu tidak menerima apa-apa, karena kamu salah berdoa, sebab yang kamu minta itu hendak kamu habiskan untuk memuaskan hawa nafsumu.

Berlawanan dengan pembahasan sebelumnya, kita juga harus tahu apa yang salah dengan doa kita kalau doa kita tidak dijawab oleh Tuhan. Alasan paling utama adalah karena kita salah berdoa, yaitu kita berdoa yang tidak sesuai dengan kehendak Tuhan. Doa yang tidak sesuai kehendak Tuhan sangat jelas, yaitu doa yang hanya ingin memuaskan nafsu kita. Misalnya berdoa meminta handphone baru walaupun sebenarnya kita tidak membutuhkannya, jelas ini hanyalah nafsu semata.


Markus 11:25, Dan jika kamu berdiri untuk berdoa, ampunilah dahulu sekiranya ada barang sesuatu dalam hatimu terhadap seseorang, supaya juga Bapamu yang di sorga mengampuni kesalahan-kesalahanmu."

Nah! Ini bisa jadi salah satu penghambat kenapa doa kita belum dijawab Tuhan. Kita harus terlebih dahulu membereskan dosa kita sebelum kita berdoa kepada Tuhan. Dan dosa kita tidak bisa dibereskan kalau kita belum dapat mengampuni orang lain. Jadi pada saat kita berdoa, kita tidak boleh masih menyimpan dendam atau kepahitan kepada orang lain. Untuk pembahasan bagaimana caranya mengampuni, sudah ada tulisan sebelumnya yaitu Mengampuni, Sulitkah?

Apakah doa harus menggunakan kata – kata yang bagus dan puitis?


Matius 6:7, Lagipula dalam doamu itu janganlah kamu bertele-tele seperti kebiasaan orang yang tidak mengenal Allah. Mereka menyangka bahwa karena banyaknya kata-kata doanya akan dikabulkan.

Kita tidak perlu merangkai terlebih dahulu kata – kata dan berpuisi ketika kita berdoa. Ya, memang Daud melakukannya, Daud menyampaikan doa yang indah bagaikan puisi, namun yang perlu diperhatikan adalah hati Daud juga memang sungguh – sungguh. Jika kita tidak bisa mengucapkan doa yang indah seperti Daud, itu sama sekali tidak masalah, karena apa yang Tuhan lihat adalah hati kita, bukan sekedar kata – kata kita.

Kalau Tuhan belum jawab ya dan belum jawab tidak juga bagaimana? Bagaimana juga kalau kita belum tahu kehendak Tuhan seperti apa?


Lukas 18:1, Yesus mengatakan suatu perumpamaan kepada mereka untuk menegaskan, bahwa mereka harus selalu berdoa dengan tidak jemu-jemu.

Ya, Tuhan Yesus mengajarkan kita untuk terus berdoa dengan tidak jemu – jemu. Kita harus terus senantiasa berdoa. Jika doa kita masih belum ada jawaban walaupun kita tahu doa itu sesuai dengan kehendak Tuhan, kita harus terus senantiasa berdoa kepada Tuhan. Tetapi biasanya kita belum tahu apakah doa kita sudah sesuai dengan kehendak-Nya atau belum, oleh karena itu kita juga harus tetap senantiasa berdoa dan berkata "Jadilah kehendak-Mu". Jadi walaupun kita terus berdoa, kita juga tidak memaksakan semua isi doa kita dijawab, tapi membiarkan kehendak Tuhan saja yang jadi, baik itu memang sama dengan doa kita atau tidak.


Matius 6:10b, jadilah kehendak-Mu di bumi seperti di sorga.

Terakhir, saya ingin mengutip kata – kata Pendeta Philip Mantofa dalam tweetnya:


Berdoalah sampai sesuatu terjadi; berdoalah sekalipun tidak terjadi apa-apa; dan berdoalah tak peduli apapun yang terjadi!

Jadi, tunggu apa lagi? Ayo kita jadikan doa sebagai suatu gaya hidup.


1 Tesalonika 5:17, Tetaplah berdoa.

-N.L.H-
Share this Post :

0 comments:

Post a Comment

“AKULAH KEBANGKITAN DAN HIDUP” 1 Korintus 6:12 1 Korintus 8:3 2014 ABRAHAM ABRAHAM: Membangun Mezbah Abram absalom Agama Tidak Menyelamatkan Agnes Monica AGU ROHANI KRISTEN AJARKU BERDIAM Alkitab Allah allah anak allah bapa Allah Peduli Allah Taala Allah Yang Setia Amsal 11:27 Anak Domba ANAK SEKOLAH MINGGU Anniversary Are We Prepared asmirandah Asmirandah Zantman Atas Dosa Awesome God ayub bagi tuhan bangsa isreal Bapa Selidiki Hatiku Baptisan Batasan Belajar berbuat baik Berdoa Berdoalah ‪BERHASIL‬ BERHENTI MEMBATASI IMAN ANDA berita baik Berita Injil Berkabung Berkat dan Undian Berlari Padamu berserta lirik lagu berusahalah mendapatkannya Betapa Hatiku Boy Sopranos carilah perdamaian Christmas Song Cinta-Ku Cintamu Damai BersamaMu Dampak Kekosongan dan yang terpenting DARI TERBIT MATAHARI Darlene Zschech daud Di Setiap Nafasku dikasihi yesus doa harian kristian Doa Mengubah Segala Sesuatu doaku doktrin Domba Domba Allah dosa Dosa Percabulan Dosa Serakah efesus 6:1-3 embun faith firman Firman‬ Tuhan gerija tuhan Get Our Hands Dirty GMB GNF good friday GoodNews Fellowship GoodNews Fellowship Matang goodnews green height GoodNews2us Green Height Grezia hakim segala bangsa hamba rokok Hanya Yesus Juruselamat Harapan Bangsa Harapan Bangsa Lyric Hargai harta Hidup How great is our GOD Hubungan hubungan keluarga ia dikenal oleh Allah Iman iman petrus agung Indah oh Indah Injil Iraq Isa Almasih Jaclyn Victor Jadikan Aku Indah jalan yang lurus janda JANGAN BERKOMPROMI Jangan Pernah Bersedih Jangan sombong jason jauhilah yang jahat Jeffry Tjandra Jesus JIKALAU BUKAN TUHAN SIA-SIALAH USAHA KITA Jodoh Impian John 3:16 jujur jumaat agung Kagumi KARENA TAK PERCAYA Kasih Allah Kasih SetiaM Kasih Tuhan Kasih Yesus Kasihilah sesama manusia Kasihilah Tuhan Allahmu Kau Saja Kaulah Harapan kayu salib kebenaran Kegagalan kehidupan keilahian Yesus Kejadian 2:18 Keluaran 14: 16 KEMARAHAN Kemenangan KESAKSIAN Keselamatan KETIKA DOSA DIBERESKAN Khotbah Khotbah Pastor Kingdom of God Kisah Dua Lelaki kisah lucu kristian Kisah Penjual Minuman Kisah Teladan Kisah Tiga Pokok ‎Kitab‬ Suci Krismas kristen kristian Kristus kuasa doa kumenyembah kutetap setia Kutukan Setan Lagu Hari Natal lagu rohani Lagu Rohani Kristen Lagu Rohani Terbaru Lagu Rohani Terbaru 2014 - PertolonganMu - Citra lagu Yesus Lahir LAPAR DAN HAUS AKAN TUHAN LAZARUS Lebih Dalam Lirik Lagu Rohani Kristen LYDIA KANDOU Marah Menimbulkan Celaka Markus 16 masalah berat matius Matius 22:37-40 mazmur 1:1 - 1:3 mazmur 23 Mazmur 34:15 Membangun Mezbah MENANGGAPI MUSIBAH Mengejar Hadirmu - GMB Mengembangkan Talenta MENGENAL YESUS Menggigil Kedinginan Menjadi Bijak Menjadi‬ orang ‎menurut‬ prinsip ‪Tuhan‬ Merawat Hubungan Mike Mohede Miliki miskin mujizat tuhan mujizat tuhan kasih tuhan Mujuzat Itu Nyata Nabi Musa NAFSU Nama Yesus Natal Nikita oleh Isa Almasih orang yang diberkati orang yang mengasihi Allah Oxygen True Worshippers Youth Palestin dan Israel Pastor Jeffrey Rahmat Pastor Luke Pdt. Gilbert Lumoindong Pencuri Kue Penganiayaan Kristian perintah Perkahwinan perkara doa Perkongsian Perkongsian Kebaktian Pertolongan petrus agung pilihan yang salah Puji Puji dan Sembah Putus Hubungan roh kudus Roma 15:13 Roma 5:1-5 SAAT ANDA MERAGUKAN KASIHNYA SAATNYA PEREMPUAN BERPERAN salah fokus Sampai Sesuatu Terjadi Santa Claus Sarah Sarai Sari Simorangkir Sdri Maria Selamat hari Krismas Selamat hari natal Sembah semua bangsa Semua Orang Pasti Menangis sentuh hatiku September 25 2015 September 7 SERI UTUSAN TUHAN Seru Nama Yesus sidney mohede Sikap Rendah Hati Single Forever Stefano Sanjaya stop worrying Sudah Selesai Sukacita Surga syukur Taurat Musa Telinga Ibu Tepat pada Waktu terima kasih kepada Yesus Penyelamat saya Terlalu Besar Teruskan Berdoa The Power of Your Love Tiba Saatnya Tinggal Dalam Firman Titus 2:7 True Worshippers True Worshippers Youth tuhan Tuhan Dengar Doaku Tuhan menjadi Manusia Tuhan Pasti Sanggup Tuhan Tidak Dapat Mencegah Manusia Untuk Berbuat Jahat Tuhan Yesus Turun dan Naik untuk orang lain UTUSAN TUHAN Vania Larissa Vanissa Larissa Wahyu YANG ADA DI ALKITAB Yang Lumpuh disembuhkan yang terutama Yeremia 17:5 Yesaya 1:18 Yesaya 27:3 Yesus Yesus JuruselamatKu YESUS KEKUATANKU YESUS KRISTUS Yesus Tuhan Yohanes